VERIFIKASI LAPANGAN SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL 2016

Adiwiyata... BISA !!
Adiwiyata Nasional ... PASTI BISA !!
Salam Bumi ... PASTI LESTARI !!
SDN Dander IV... HIJAU BERSIH dan SEHAT !!



Sabtu, 22 Oktober 2016, pada pukul 08.30 WIB SDN Dander IV kedatangan tamu Tim Verifikasi Lapangan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016, yaitu Bapak Amrizal Tanjung dari Kementerian Lingkungan Hidup. Kedatangan beliau disambut hangat oleh Keluarga Besar SDN Dander IV beserta anggota Komite Sekolah, jajaran pejabat UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Dander, jajaran MUSPIKA Kecamatan Dander, jajaran Dinas Pendidikan Kab. Bojonegoro, jajaran Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kab. Bojonegoro, jajaran Badan Lingkungan Hidup Kab. Bojonegoro.
Tim Verifikasi di sambut oleh Bapak Kepala SDN Dander IV 

Tim Verifikasi disambut oleh Komite SDN Dander IV

Lagu adiwiyata, Mars SDN Dander IV dan yel-yel Adiwiyata oleh siswa-siswi SDN Dander IV  

Kedatangan Tim Verifikasi disambut dengan Lagu Mars Adiwiyata, Lagu Mars SDN Dander IV, yel-yel Adiwiyata SDN Dander IV yang dibawakan oleh siswa-siswi SDN Dander IV. Tim Verifikasi langsung menuju ke lapangan, beliau keliling lingkungan sekolah dengan ditemani beberapa dewan guru dan para pejabat yang hadir dalam acara Verifiaksi Lapangan ini. Bapak Amrizal mengunjungi ruang eksposisi hasil karya daur ulang dan mengamati hasil-hasil kreasi daur ulang siswa-siswi SDN Dander IV. Setelah itu beliau berkunjung ke toilet, kolam sekolah, rumah kompos, tempat sampah, kantin sekolah, tempat parkir, greenhouse, perpustakaan, lapangan upacara, lapangan volly, lapangan sepak bola, ruang TK dan beberapa ruang kelas. Dalam perjalanan beliau mengamati seluruh lingkungan SDN Dander IV, beliau sempatkan untuk memfoto tempat sampah yang ada di depan kelas, semua sampah sudah terpilah dan berada pada tempatnya, yaitu sampah organik, anorganik, dan ada satu lagi sampah khusus gelas dan botol plastik.

                       Pengomposan Kolam Sekolah
Kantin Skeolah Greenouse Ruang Kelas IV

Ketika memasuki ruangan TK, bapak Amrizal bertemu para anggota paguyuban kelas I – VI. Bapak Amrizal melakukan percakapan yang diselingi dengan candaan, bebrapa anggota paguyuban kelas diberi pertanyaan seputar kegiatan partisipatif yang mereka pada sekolah, terutama pada pembelajaran siswa. Perjalanan dilanjutkan pada kebun pepaya california dan toga sekolah yang berada di ujung timur, dekat pintu masuk sekolah.

Wawancara dengan anggota
paguyuban kelas
Tanya Jawab dengan siswa Tanya Jawab dengan siswa
kelas VI



Sambutan dari Bapak Kabid TK/ SD Sambutan dari Bapak Kepala Dinas
Kab. Bojonegoro
Paparan Profil Sekolah oleh Bapak Kepala SDN Dander IV

Setelah puas berkeliling lingkungan sekolah, kegiatan verifikasi lapangan dilanjutkan di ruang pertemuan. Acara ini dimulai dengan pembukaan, sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bojonegoro, paparan profil SDN Dander IV oleh Kepala Sekolah, Bapak Kusnan, S.Pd, dan sambutan oleh Tim Verifikasi Sekolah Adiwiyata Nasional 2016.

Sambutan dari Tim Verifikasi Tamu Undangan Penutup (doa)

Ketika di dalam ruang, terjadi dialog antara Tim Verifikasi dengan dewan guru SDN Dander IV. Ada sekitar 17 pertanyaan yang diberikan oleh tim. Diskusi pun terjadi di dalam ruangan, namun diselingi dengan candaan agar suasana tetap serius tapi santai. Tim terlihat puas dengan jawaban dari dewan guru, karena beberapa kali guru membawakan contoh riil hasil kreatifitas dalam inovasi pembelajaran.
Kegiatan verifikasi lapangan ini berakhir sekitar pukul 11.00 WIB karena tim akan langsung menuju ke SMA Negeri I Baureno untuk melakukan verifikasi lapangan disana. Acara penutupan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh salah satu anggota komite sekolah. Semoga setelah melakukan verifikasi lapangan ini, pihak Kementrian Lingkungan Hidup memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016 kepada SDN Dander IV.

Foto Kepala SDN Dander IV bersama anggota paguyuban kelas, Ka SDN Ngumpak Dalem I, Ka SDN Sumberarum I,
Bapak Ka UPT Dinas Pendidikan Kec. Dander, dan Kabid TK SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro
sebelum menyambut Tim Verifikasi Lapangan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016


No comments:

Post a Comment